Wednesday, February 10, 2016

Cara Mengatasi Hewan Ternak Mudah sakit

Posted by with No comments
images jhkj
Dalam pemeliharaan ternak, salah satu penghambat yang sering dihadapi adalah penyakit. Bahkan tidak jarang peternak mengalami kerugian dan tidak lagi betrnak akibat adanya kematian pada ternaknya.Secara umum penyakit hewan adalah segala sesuatu yang menyebabkan hewan menjadi tidak sehat.
images uyuBanyak sekali penyakit yang dapat menyerang hewan ternak namun demikian yang terpenting adalh PMK (penyakit mukut dan kuku), BSE dll. Disamping itu penyakit yang mungkin sehari-hari dapat dihadapi peternak seperti kembung perut dan lain-lainnya.
Banyak hal yang mengakibatkan munculnya penyakit pada hewan ternak. Pengaruh lingkungan, pergantian cuaca, kondisi kandang yang tidak sehat adalah beberapa faktor penyebabnya. Oleh karena itu perlu tindakan cara mengatasi hewan ternak yang mudah sakit.
Selain cara perawatan anda juga memerlukan obat untuk bisa mengatasi hewan ternak yang mudah sakit. Dengan menggunakan SOC (suplemen organik cair) terbukti bisa menyembuhkan hewan ternak yang mudah terserang penyakit.
SOC atau suplemen organik cair merupakan suplemen khusus untuk menyehatkan binatang ternak anda. Dengan SOC anda dapat menekan pengeluaran selama produksi dan perawatan. SOC membantu mengurangi tingkat stres pada hewan dan menekan timbulnya penyakit pada ternak anda dan mengurangi angka resiko kematian di heewanternak.SOC membantu hewan ternak anda untuk meningkatkan antibodi, sehingga hewan ternak tidak mudah sakit.
SOC
(Suplemen Organik Cair)
images jhkj
SOC merupakan suplemen terbaik saat ini. Mempercepat pertmbuhan hewan ternak dan meningkatkan produksi daging, sebab SOC memberikan efek merangsang nafsu makan pada hewan ternak. Selain produksi daging, SOC juga baik untuk perkembangbiakan. SOC membantu meningkatkan kesuburan pada hewan ternak, sehingga SOC dapat mempertinggi kualitas telur pada hewan ungga, maupun perkembangbiakan hewan ternak lainnya seperti kambing dan sapi.
SOC digunakan pula dalam pembuatan PMT (Penggatian Makan Ternak). Ada banyak pilihan bahan yang dapat di fermentasikan untuk pembuatan PMT, seperti daun2 kering, kulit kacang, kulit jagung, kedebog,dll. Dengan fermentasi tersebut, pakan bisa bertambah lama untuk makanan ternak sehingga kita tidak perlu merumput setiap saat dan tidak perlu mengembala. 
Kandungan yang terkandung dalam SOC-HCS
  • Laktobasillus sp
    Diberi nama demikian karena bakteri ini mengubah laktosa dan gula menjadi asam laktat. Bakteri ini banyak digunakan dalam memproduksi yogurt, keju, bir, anggur, kakau, dan pakan ternak. Bakteri ini bersifat mencegah penyakit pada hewan dan tumbuhan sehingga daya tahan tubuh meningkat.
  • Azetobacter sp
    Berdasarkan hasil penelitian para ahli, bakteri ini merupakan bakteri baik yang berfungsi meningkatkan pertumbuhan tanaman maupun hewan. Jika digunakan pada tanah pertanian maka tanah akan menjadi lebih subur. Jika digunakan pada pakan ternak akan meningkatkan penyerapan sari-sari makanan.
  • Pseudomonas aeruginosa
    Bakteri ini adalah bakteri yang bersifat negatif karena dapat menyebabkan penyakit dan infeksi pada hewan dan manusia. Bakteri ini dapat ditemukan di tanah dan air. Pada hewan bakteri ini dapat menyebabkan kerusakan saraf terutama pada hewan yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah.  Meskipun bakteri  ini  bersifat negative akan tetapi bermanfaat sebagai pengurai sisa-sisa makanan atau kotoran.
  • Saccharomyces sp
    Bakteri ini sangat penting dalam produksi berbagai jenis makanan seperti anggur, bir, dan roti. Bakteri ini bersifat seperti ragi yang digunakan dalam proses fermentasi berbagai jenis makanan termasuk makanan hewan.
  • Basillus sp
    Bakteri ini terdapat dalam produk probiotik yang terdiri dari spora yang besifat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit pada ikan dan hewan ternak. Bakteri ini mengandung bersifat sebagai antibiotik yang berperan menghambat pertumbuhan bakteri negatif.
  • Mineral dan vitamin mix
    Mineral berperan dalam pertumbuhan mahluk hidup. Vitamin mix merupakan campuran berbagai macam vitamin yang diperlukan tubuh untuk tumbuh dan berkembang.
Kandungan yang terdapat dalam SOC seperti disebutkan di atas menjadikan bahan ini sangat direkomendasikan sebagai bahan tambahan pada hewan ternak.
Manfaat SOC-HCS mengatasi hewan ternak mudah sakit
  • Membantu mengurangi tingkat stres pada hewan dan menekan timbulnya penyakit pada ternak Anda.
  • Meningkatkan antibodi, sehingga hewan ternak tidak mudah sakit.
  • Mengurangi angka kematian hewan ternak.
  • Memberikan efek merangsang nafsu makan pada hewan ternak.
  • Mempercepat pertumbuhan hewan ternak dan meningkatkan produksi daging.
  • Selain produksi daging, SOC juga baik untuk perkembangbiakan hewan ternak.
  • SOC membantu meningkatkan kesuburan pada hewan.
  • Mempertinggi kualitas telur pada hewan unggas, maupun perkembangbiakan hewan ternak lain seperti kambing dan sapi.
Cara penggunaan SOC-HCS
JENIS TERNAK
TAKARAN
TEKNIK APLIKASI
Unggas (ayam, itik)2,5 cc atau 1/4 tutup botol SOC + 15 liter air2 x sehari
Kambing5 cc atau 1/2 tutup botol SOC + 15 liter air2 x sehari
Sapi10 cc atau 1 tutup botol SOC + 16 liter air2 x sehari
SOC memberikan banyak manfaat bagi hewan ternak dan dipemilik. Manfaat ekonomi dari penggunaan SOC akan memberikan keuntungan ang lebih banyak bagi peternak.
Karena pastikan proses pembuatan, aplikasi dan penyimpanan dilakukan dengan benar agar manfaat yang diperoleh bisa maksimal sesuai dengan yang diharapkan.
Demikianlah mengenai Suplemen organik cair mengatasi hewan ternak mudah sakit dan untuk meningkatkan pertumbuhan ternak dan terhindar dari berbagai penyakit.
sumber : https://caramengatasihewanternakmudahsakitsoc.wordpress.com/

0 comments:

Post a Comment